Meningkatkan Keterampilan Menulis Ilmiah melalui Pelatihan Karya Tulis Ilmiah (PKTI) 2024

Pada hari Minggu, 29 September 2024, Mathematics Students Club (MSC) kembali menghadirkan kegiatan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah (PKTI). Kegiatan ini diselenggarakan secara offline di Auditorium Gedung Soedjarwo Lantai 5 Universitas Jember. Kegitan kali ini mengusung tema “Enhancing Scientific Writing Skills Through Technology: Transforming Educationfor a Better Future” dan dihadiri oleh mahasiswa baru Pendidikan Matematika Angkatan 2024 serta salah satu dosen dan Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Jember yang akan menjadi pemateri pada kegiatan ini, yaitu Bapak Dhanar Dwi Hari Jatmiko, S.Pd., M.Pd. dengan judul “Teknik penulisan Karya Ilmiah bagi Mahasiswa” dan Prof. Dafik, M.Sc., Ph.D. dengan judul “Pengembangan Penelitian yang Bernovelty Tinggi untuk Dipublikasi dalam National atau International Journal Bereputasi”.

Para peserta kegiatan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah terlihat sangat antusias ketika mendengarkan para pemateri saat memberikan tips-tips bagaimana cara penulisan karya ilmiah yang baik dan benar.  Hal ini didukung dengan cara penyampaian para pemateri yang lebih mudah dipahami dan juga interaktif kepada para peserta yaitu mahasiswa baru Pendidikan Matematika angkatan 24.

Disela-sela waktu ishoma, peserta diberikan penampilan tari tradisional oleh Kresnatama dengan lagu berjudul “Komang” dan “Satu Bulan”. Setelah sesi akhir tanya jawab selesai, Penagama menunjukkan peragaan alat peraga matematika. Hal ini berlangsung seru karena terdapat partisipasi langsung dari Mahasiswa Angkatan 2024 untuk mencoba alat peraga matematika. Dan yang dinanti-nantikan pengumuman juara atas judul-judul yang diajukan selama penugasan PKTI 2024 Juara 1 diraih oleh kelompok 54 atas nama Kusdianingsih (240210101143), Althaf Alfikri (240210101157), dan Refa Ade Rizqi Prayitno (240210101126) dengan judul “Efektivitas Penggunaan Chatbot dalam Memecahkan Permasalahan Matematika”,

Kegiatan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah (PKTI) 2024 berjalan sukses. Kegiatan ini tentu memberikan banyak manfaat kepada para peserta khususnya pada bidang penulisan karya tulis ilmiah yang berguna dalam perkuliahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »