DEFINISI
Keris-Dimas Probenal adalah kelompok riset dan pengabdian masyarakat yang berada di bawah naungan Program Studi S2 Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Jember. Aktivitas Keris-Dimas Probenal berfokus pada kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berkaitan dengan tema (1) pembelajaran analisis dan aljabar, (2) asesmen analisis dan aljabar, (3) penalaran analisis dan aljabar, dan (4) pengembangan profesional guru pada pembelajaran analisis dan aljabar.
VISI
Menjadi kelompok riset dan pengabdian kepada masyarakat yang unggul dalam penelitian pengembangan sains teknologi dan pengabdian kepada masyarakat di bidang kajian pemodelan, komputasi dan pembelajarannya yang berwawasan kearifan lokal.
MISI
TUJUAN
Probenal adalah kelompok riset dan pengabdian masyarakat yang berbasis pada problematika pembelajaran analisis dan aljabar. Untuk mencapai misi yang telah ditetapkan maka mandat yang diberikan dibagi menjadi dua yakni Tujuan Jangka Pendek dan Tujuan Jangka Panjang.
Tujuan Jangka Pendek: (1) Melakukan pengembangan model pembelajaran analisis dan aljabar; (2) Melakukan Pengembangan level penalaran analisis dan aljabar; (3) Melakukan Pengembangan model pelatihan profesionalisme guru pada pembelajaran analisis dan aljabar; dan (4) menulis artikel ilmiah dan buku tentang pengembangan model pembelajaran, pengembangan level penalaran, dan pengembangan model pelatihan profesionalisme guru untuk materi aljabar dan analisis.
Tujuan Jangka Panjang: Menemukan pola pembelajaran analisis dan aljabar yang inovatif baik di sekolah atau perguruan tinggi.
ROADMAP
PUBLIKASI
Harvani, I. D., Kurniati, D., Kim, D.-J., & Osman, S. (2023). Quality of Algebraic Numeration Problems to Measure Higher Order Thinking Skills Using Partial Credit Model. The New Educational Review, 72(2), 218–229. https://doi.org/10.15804/tner.23.72.2.16
Hidayat, M. S., Kurniati, D., Osman, S., & Trapsilasiwi, D. (2022). The effect of the infusion learning approach on the students’ truth-seeking behavior on Cartesian coordinates. 030021. https://doi.org/10.1063/5.0102249
Khoo, N. A. K. binti A. F., Osman, S., Daud, M. F., Kumar, J. A., & Kurniati, D. (2024). The implications of digital communication between parents and teachers from a teachers’ point of view. Humanities, Arts and Social Sciences Studies. https://doi.org/10.69598/hasss.24.1.261660
Hariati, A., Pambudi, D. S., Kurniati, D., Septiadi, D. D., & Gantiyani, H. (2022). Student’s open-mindedness behavior in solving math-based problem with contradictory information and problem with no specified universal set. 030008. https://doi.org/10.1063/5.0102459
Hidajat, F. A., Haeruman, L. D., Wiraningsih, E. D., & Pambudi, D. S. (2023). The Effect of Digital Technology Learning Based on Guided Discovery and Self-regulated Learning Strategy on Mathematical Creativity. International Journal of Information and Education Technology, 13(3), 535–543. https://doi.org/10.18178/ijiet.2023.13.3.1836
Solehah, A., Pambudi, D. S., Hobri, & Ummah, B. I. (2021). The development of learning instrument with Contextual Teaching And Learning (CTL) based on Lesson Study for Learning Community (LSLC) on two variable linear equations and its effect on creative thinking of junior high school student. Journal of Physics: Conference Series, 1839(1), 012015. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1839/1/012015
Murtafiah, W., Lukitasari, M., Lestari, N. D. S., & Sa’dijah, C. (2024). Decision making ability in solving differential equation problems figured out by pre-service teachers. 030017. https://doi.org/10.1063/5.0193747
Murtafiah, W., Lukitasari, M., Lestari, N. D. S., & Kholid, M. N. (2023). Decision making of prospective mathematics teacher in designing of Cartesian coordinate teaching. 020052. https://doi.org/10.1063/5.0154626
Safitri, M., Murtafiah, W., Sanusi, Lukitasari, M., & Lestari, N. D. S. (2023). Development of E-comic learning media based on ethnomathematics to improve problem solving in sequences and series materials. 020053. https://doi.org/10.1063/5.0154627