Problematika dan Pembelajaran Geometri

Dr. Erfan Yudianto, S.Pd., M.Pd.
Koordinator



Prof. Dr. Sunardi, M.Pd.
Anggota

 


Dr. Susanto, M.Pd.
Anggota



DEFINISI

Kelompok riset ProBelMetri merupakan kelompok peneliti yang melaksanakan kegiatan penelitian pada bidang kajian Problematika atau masalah-masalah yang dihadapi siswa, mahasiswa, guru, dosen, masyarakat dan Pembelajarannya. Di samping itu, kelompok riset ini berguna untuk mendiskusikan dan mengungkap permasalahan-permasalahan serta memecahkan persoalan secara menyeluruh berdasarkan kajian geometri dan cabang ilmunya seperti etnomatematika, literasi, pengembangan dan pengaplikasian teori belajar van Hiele, pengembangan perangkat pembelajaran geometri berbasis masalah, pengembangan desain pembelajaran geometri, dan pengembangan media pada sistem geometri, serta menghasilkan produk dan/atau luaran penelitian yang memiliki nilai kebaharuan (novelty) dan kemanfaatan di bidang pembelajaran dan kesejahteraan masyarakat serta mampu diterapkan di era industri 5.0.

VISI

Menjadi kelompok riset yang unggul dalam penelitian dan pengembangan sains dan teknologi di bidang kajian Problematika dan Pembelajaran Geometri yang berwawasan kearifan lokal.

MISI

  • Melaksanakan dan mengembangkan sains dan teknologi dalam bidang Problematika dan Pembelajaran Geometri.
  • Meningkatkan kualitas, kuantitas, dan luaran penelitian dalam bidang Problematika dan Pembelajaran Geometri.
  • Memperluas jaringan kerjasama penelitian dalam bidang Problematika dan Pembelajaran Geometri dengan institusi dalam dan luar negeri.
  • Meningkatkan profesionalisme peneliti di bidang Problematika dan Pembelajaran Geometri dalam melaksanakan penelitian yang mendukung perkembangan sains dan teknologi.

TUJUAN

  • Dihasilkannya karya-karya sains dan teknologi dalam bidang Geometri khususnya Problematika dan Pembelajaran Geometri yang unggul, kreatif, dan inovatif serta berkembang mengikuti jaman.
  • Terwujudnya budaya kerja excellent dosen dan mahasiswa dalam bidang Geometri khususnya Problematika dan Pembelajaran Geometri.
  • Terwujudnya kelompok riset yang berdaya saing global dan kompeten dalam bidang Geometri khususnya Problematika dan Pembelajaran Geometri.
  • Dihasikannya publikasi ilmiah dalam bidang Geometri khususnya Problematika dan Pembelajaran Geometri di tingkat regional, nasional, maupun internasional.

ROADMAP

PUBLIKASI

  • Azizah, M., Sunardi, & Yudianto, E. (2022). Students’ mathematical literacy ability in solving story problems. 030031. https://doi.org/10.1063/5.0105227

  • Dewi, I. K. C., Yudianto, E., & Susanto. (2022). Development of Batik Daun Singkong Bondowoso motifs based on fractals as student worksheets. 030023. https://doi.org/10.1063/5.0104379

  • Hariastuti, R. M., Fitriyani, H., Maf’ulah, S., Yudianto, E., & Fiantika, F. R. (2024). Ethnomathematics and ethnosport in traditional games for thematic learning. 020043. https://doi.org/10.1063/5.0194565

  • Nuryami, Sunardi, Susanto, Rizqika, P., & Shofyan, A. (2021). The development of learning tool based on realistic mathematics education and its influence on spatial abilities of elementary school students. Journal of Physics: Conference Series, 1839(1), 012013. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1839/1/012013

  • Priciliya, S., Sunardi, Yudianto, E., & Susanto. (2022). Development of student’s worksheet based on realistic mathematics education (RME) approach to know students’ mathematical problem solving abilities. 030025. https://doi.org/10.1063/5.0102677

  • Wijaya, H. T., Sunardi, Yudianto, E., Cahyanita, E., & Aini, N. R. (2021). The development of the spatial visual-oriented geometry test to measure the creative thinking skills of elementary students. Journal of Physics: Conference Series, 1918(4), 042068. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1918/4/042068

  • Afifah, A. H., Susanto, & Lestari, N. D. S. (2022). Geometric reasoning of analysis level students in classifying quadrilateral. 030032. https://doi.org/10.1063/5.0105224

  • Safrida, L. N., Susanto, Setiawan, T. B., Yudianto, E., Ambarwati, R., & Pangestika, B. W. (2022). Ethnomathematics: Geometry exploration in Pura’s architecture of Taman Nasional Alas Purwo. 030029. https://doi.org/10.1063/5.0102629

  • Susanto. (2022). Identifying students’ error in proving the congruency theorem of a triangle with the think aload method. 030040. https://doi.org/10.1063/5.0105259

Translate »