DEFINISI
Kelompok riset ProBelMetri merupakan kelompok peneliti yang melaksanakan kegiatan penelitian pada bidang kajian Problematika atau masalah-masalah yang dihadapi siswa, mahasiswa, guru, dosen, masyarakat dan Pembelajarannya. Di samping itu, kelompok riset ini berguna untuk mendiskusikan dan mengungkap permasalahan-permasalahan serta memecahkan persoalan secara menyeluruh berdasarkan kajian geometri dan cabang ilmunya seperti etnomatematika, literasi, pengembangan dan pengaplikasian teori belajar van Hiele, pengembangan perangkat pembelajaran geometri berbasis masalah, pengembangan desain pembelajaran geometri, dan pengembangan media pada sistem geometri, serta menghasilkan produk dan/atau luaran penelitian yang memiliki nilai kebaharuan (novelty) dan kemanfaatan di bidang pembelajaran dan kesejahteraan masyarakat serta mampu diterapkan di era industri 5.0.
VISI
Menjadi kelompok riset yang unggul dalam penelitian dan pengembangan sains dan teknologi di bidang kajian Problematika dan Pembelajaran Geometri yang berwawasan kearifan lokal.
MISI
TUJUAN
ROADMAP
PUBLIKASI
Azizah, M., Sunardi, & Yudianto, E. (2022). Students’ mathematical literacy ability in solving story problems. 030031. https://doi.org/10.1063/5.0105227
Dewi, I. K. C., Yudianto, E., & Susanto. (2022). Development of Batik Daun Singkong Bondowoso motifs based on fractals as student worksheets. 030023. https://doi.org/10.1063/5.0104379
Hariastuti, R. M., Fitriyani, H., Maf’ulah, S., Yudianto, E., & Fiantika, F. R. (2024). Ethnomathematics and ethnosport in traditional games for thematic learning. 020043. https://doi.org/10.1063/5.0194565
Nuryami, Sunardi, Susanto, Rizqika, P., & Shofyan, A. (2021). The development of learning tool based on realistic mathematics education and its influence on spatial abilities of elementary school students. Journal of Physics: Conference Series, 1839(1), 012013. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1839/1/012013
Priciliya, S., Sunardi, Yudianto, E., & Susanto. (2022). Development of student’s worksheet based on realistic mathematics education (RME) approach to know students’ mathematical problem solving abilities. 030025. https://doi.org/10.1063/5.0102677
Wijaya, H. T., Sunardi, Yudianto, E., Cahyanita, E., & Aini, N. R. (2021). The development of the spatial visual-oriented geometry test to measure the creative thinking skills of elementary students. Journal of Physics: Conference Series, 1918(4), 042068. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1918/4/042068
Afifah, A. H., Susanto, & Lestari, N. D. S. (2022). Geometric reasoning of analysis level students in classifying quadrilateral. 030032. https://doi.org/10.1063/5.0105224
Safrida, L. N., Susanto, Setiawan, T. B., Yudianto, E., Ambarwati, R., & Pangestika, B. W. (2022). Ethnomathematics: Geometry exploration in Pura’s architecture of Taman Nasional Alas Purwo. 030029. https://doi.org/10.1063/5.0102629
Susanto. (2022). Identifying students’ error in proving the congruency theorem of a triangle with the think aload method. 030040. https://doi.org/10.1063/5.0105259