DEFINISI
Kelompok Riset Combinatorics Education (COMED) merupakan kelompok peneliti level prodi yang melaksanakan kegiatan tridarma pendidikan yakni pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat pada kajian Pendidikan Kombinatorika. Pada bidang pembelajaran, KeRis-DiMas ini mengelaborasikan model Pembelajaran Saintifik (Scieintifical Learning Model) dalam mengajarkan kajian kombinatorika baik di level SD, SMP, SMA. Sedangkan kajian kombinatorika sendiri banyak terintegrasi dalam beberapa bidang ilmu seperti dalam mata pelajaran Biologi, Fisika, IPA termasuk pula dalam ilmu Ekonomi dan Geografi. Integrasinya sdapat dilakukan secara langsung dan tidak langsung, yang tidak langsung diperlukan penelitian untuk mengekplorasinya. Kemudian setelah eksplorasi dilakukan, dikembangkanlah perangkat pembelajaran yang berupa Silabus, Sintaks Pembelajaran, Perangkat Pembelajaran sebagai produk KeRis-DiMas. Dengan produk ini kelompok KeRis-DiMas COMED akan melakukan pengabdianya pada masayarakat terutama komunitas pendidikan mulai dari jenjang SD, SMP, SMA. Sehingga target utama dalam pembentukan KeRis-DiMas ini adalah menghasilkan produktivitas dalam bidang pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat, yang memiliki nilai kebaharuan yang tinggi terkait inovasi pendekatan, model-model atau inovasi media pembelajaran berbasis ICT, termasuk inovasi metode penilaian otentik terkait pembelajaran kombinatorika. Sedangkan manfaat utama pembentukan KeRis-DiMas ini adalah sebagai berikut (1) terbentuknya jaringan research yang berasal dari dalam maupun luar negeri, (2) terciptanya brainstroming ide-ide terkini dalam bidang kombinatorika dan pembelajarannya, (3) terlaksananya benchmarking temuan-temuan baru dalam kajian kombinatorika dan pembelajarannya, (4) terpecahkannya masalah rutin dan non rutin, prosedural dan non prosedural, (5) terciptanya joint paper dengan beberapa peneliti baik dalam negeri maupun luar negeri bidang kombinatorika dan pembelajarannya, (6) teraihnya karya ilmiah yang berupa reference book, monograf, book chapter, publikasi ilmiah di jurnal nasional terakreditasi atau internasional journal bereputasi dengan nilai SJR atau IF yang tinggi, (7) terdesiminasikannya hasil-hasil penelitian kombinatorika dan pembelajarannya dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat.
VISI
Menjadi KeRis-DiMas unggul dalam kajian kombinatorika dan pembelajarannya berbasis STEAM dan TPACK dalam mewujudkan pendidikan berkualitas berwawasan lingkungan dan berdaya saing global.
MISI
TUJUAN
Tujuan utama terbentuknya KeRis-DiMas Combinatorics Education (COMED) adalah sebagai berikut:
ROADMAP
PUBLIKASI
Kristiana, A. I., Mursyidah, I. L., Dafik, D., Adawiyah, R., & Alfarisi, R. (2023). Local irregular vertex coloring of comb product by path graph and star graph. Discrete Mathematics, Algorithms and Applications, 15(06). https://doi.org/10.1142/S1793830922501488
Kristiana, A. I., Setyawan, D., Albirri, E. R., Prihandini, R. M., & Alfarisi, R. (2023). On graceful coloring of generalized Petersen graphs. Discrete Mathematics, Algorithms and Applications. https://doi.org/10.1142/S1793830923500970
Kristiana, A. I., Nikmah, N., Dafik, Alfarisi, R., Hasan, M. A., & Slamin. (2022). On the local irregularity vertex coloring of volcano, broom, parachute, double broom and complete multipartite graphs. Discrete Mathematics, Algorithms and Applications, 14(06). https://doi.org/10.1142/S1793830922500227
Dafik, Kadir, Maryati, T. K., Sufirman, & Ridlo, Z. R. (2023). The analysis of the implementation of RBL-STEM learning materials in improving student’s meta-literacy ability to solve wallpaper decoration problems using local antimagic graph coloring techniques. Heliyon, 9(6), e17433. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e17433
HESTİ AGUSTİN, I., ARİANTİ, B., DAFIK, D., FATEKUROHMAN, M., & ILHAM BAİHAKİ, R. (2024). Application of Spatial Temporal Graph Neural Network in Analyzing the Distribution of Goods Shipping with Dominating Set Technique. El-Cezeri Fen ve Mühendislik Dergisi. https://doi.org/10.31202/ecjse.1289020
Agustin, I. H., Feno, A. I., Abirami, K., Venkatachalam, M., Dafik, & Mohanapriya, N. (2024). On r-dynamic Coloring of Ladder Graph and Tadpole Graph Using m-shadow Operation. Contemporary Mathematics, 827–843. https://doi.org/10.37256/cm.5120242624
Adawiyah, R., Dafik, Agustin, I. H., Prihandini, R. M., Alfarisi, R., & Albirri, E. R. (2020). On the local multiset dimension of graph with homogenous pendant edges. Journal of Physics: Conference Series, 1538(1), 012023. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1538/1/012023
Asy’ari, M. L., Dafik, Agustin, I. H., Nisviasari, R., & Adawiyah, R. (2022). On graceful chromatic number of some graphs. Journal of Physics: Conference Series, 2157(1), 012013. https://doi.org/10.1088/1742-6596/2157/1/012013
A’yun, Q., Dafik, Adawiyah, R., Agustin, I. H., & Albirri, E. R. (2021). On the irregular coloring of bipartite graph and tree graph families. Journal of Physics: Conference Series, 1836(1), 012024. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1836/1/012024