Combinatorics Education

Dr. Arika Indah Kristiana, M.Pd.
Koordinator



Prof. Drs. Dafik, M.Sc., Ph.D.
Anggota



Robiatul Adawiyah, S.Pd., M.Si.
Anggota



DEFINISI

Kelompok Riset Combinatorics Education (COMED) merupakan kelompok peneliti level prodi yang melaksanakan kegiatan tridarma pendidikan yakni pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat pada kajian Pendidikan Kombinatorika. Pada bidang pembelajaran, KeRis-DiMas ini mengelaborasikan model Pembelajaran Saintifik (Scieintifical Learning Model) dalam mengajarkan kajian kombinatorika baik di level SD, SMP, SMA. Sedangkan kajian kombinatorika sendiri banyak terintegrasi dalam beberapa bidang ilmu seperti dalam mata pelajaran Biologi, Fisika, IPA termasuk pula dalam ilmu Ekonomi dan Geografi.  Integrasinya sdapat dilakukan secara langsung dan tidak langsung, yang tidak langsung diperlukan penelitian untuk mengekplorasinya. Kemudian setelah eksplorasi dilakukan, dikembangkanlah perangkat pembelajaran yang berupa Silabus, Sintaks Pembelajaran, Perangkat Pembelajaran sebagai produk KeRis-DiMas. Dengan produk ini kelompok KeRis-DiMas COMED akan melakukan pengabdianya pada masayarakat terutama komunitas pendidikan mulai dari jenjang SD, SMP, SMA. Sehingga target utama dalam pembentukan KeRis-DiMas ini adalah menghasilkan produktivitas dalam bidang pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat, yang memiliki nilai kebaharuan yang tinggi terkait inovasi pendekatan, model-model atau inovasi media pembelajaran berbasis ICT, termasuk inovasi metode penilaian otentik terkait pembelajaran kombinatorika. Sedangkan manfaat utama pembentukan KeRis-DiMas ini adalah sebagai berikut (1) terbentuknya jaringan research yang berasal dari dalam maupun luar negeri, (2) terciptanya brainstroming ide-ide terkini dalam bidang kombinatorika dan pembelajarannya, (3) terlaksananya benchmarking temuan-temuan baru dalam kajian kombinatorika dan pembelajarannya, (4) terpecahkannya masalah rutin dan non rutin, prosedural dan non prosedural, (5) terciptanya  joint paper dengan beberapa peneliti baik dalam negeri maupun luar negeri bidang kombinatorika dan pembelajarannya, (6) teraihnya karya ilmiah yang berupa reference book, monograf, book chapter, publikasi ilmiah di jurnal nasional terakreditasi atau internasional journal bereputasi dengan nilai SJR atau IF yang tinggi, (7) terdesiminasikannya hasil-hasil penelitian kombinatorika dan pembelajarannya dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat.

VISI

Menjadi KeRis-DiMas unggul dalam kajian kombinatorika dan pembelajarannya berbasis STEAM dan TPACK dalam mewujudkan pendidikan berkualitas berwawasan lingkungan dan berdaya saing global.

MISI

  • Melaksanakan dan mengembangkan sains dan teknologi melalui STEAM dan TPACK dalam bidang Pendidikan
  • Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian berbasis STEAM dan TPACK serta luaran penelitian dalam bidang Pendidikan Kombinatorika.
  • Memperluas jaringan kerjasama penelitian dalam bidang Pendidikan Kombinatorika dengan institusi dalam maupun luar negeri.
  • Meningkatkan profesionalisme peneliti di bidang Pendidikan Kombinatorika.
  • Meningkatkan keterlaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat terkait implementasi kegiatan pembelajaran bidang kombinatorika di level sekolah serta masyarakat luas.

TUJUAN

Tujuan utama terbentuknya KeRis-DiMas Combinatorics Education (COMED) adalah sebagai berikut:

  • Mengembangkan jaringan penelitian baik dalam negeri sehingga didapatkan banyak hasil-hasil penelitian terbaik dalam pendidikan kombinatorika.
  • Menumbuhkembangkan kajian ilmiah secara kontinue dengan melibatkan interdisiplin dan multidisiplin ilmu untuk memecahkan masalah rutin dan non rutin, prosedural dan non prosedural dengan pendidikan kombinatorika.
  • Melakukan brainstroming dan sekaligus benchmarking temuan-temuan terbaru untuk kemudian menemukan kemungkinan pemanfaatannya dalam pembelajaran untuk menumbuhkan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik.
  • Menjalin kemitraan dengan komunitas peneliti dan pendidik baik dalam negeri untuk mengembangkan kegiatan-kegitan forum ilmiah berskala nasional maupun internasional.
  • Meningkatkan jumlah karya ilmiah yang berupa reference book, monograf, book chapter, publikasi ilmiah di jurnal nasional terakreditasi atau internasional journal bereputasi dengan nilai SJR atau IF yang tinggi.
  • Meningkatkan keterlaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat terkait implementasi hasil-hasil penelitian bidang kombinatorika.

ROADMAP

PUBLIKASI

  • Kristiana, A. I., Mursyidah, I. L., Dafik, D., Adawiyah, R., & Alfarisi, R. (2023). Local irregular vertex coloring of comb product by path graph and star graph. Discrete Mathematics, Algorithms and Applications, 15(06). https://doi.org/10.1142/S1793830922501488

  • Kristiana, A. I., Setyawan, D., Albirri, E. R., Prihandini, R. M., & Alfarisi, R. (2023). On graceful coloring of generalized Petersen graphs. Discrete Mathematics, Algorithms and Applications. https://doi.org/10.1142/S1793830923500970

  • Kristiana, A. I., Nikmah, N., Dafik, Alfarisi, R., Hasan, M. A., & Slamin. (2022). On the local irregularity vertex coloring of volcano, broom, parachute, double broom and complete multipartite graphs. Discrete Mathematics, Algorithms and Applications, 14(06). https://doi.org/10.1142/S1793830922500227

  • Dafik, Kadir, Maryati, T. K., Sufirman, & Ridlo, Z. R. (2023). The analysis of the implementation of RBL-STEM learning materials in improving student’s meta-literacy ability to solve wallpaper decoration problems using local antimagic graph coloring techniques. Heliyon, 9(6), e17433. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e17433

  • HESTİ AGUSTİN, I., ARİANTİ, B., DAFIK, D., FATEKUROHMAN, M., & ILHAM BAİHAKİ, R. (2024). Application of Spatial Temporal Graph Neural Network in Analyzing the Distribution of Goods Shipping with Dominating Set Technique. El-Cezeri Fen ve Mühendislik Dergisi. https://doi.org/10.31202/ecjse.1289020

  • Agustin, I. H., Feno, A. I., Abirami, K., Venkatachalam, M., Dafik, & Mohanapriya, N. (2024). On r-dynamic Coloring of Ladder Graph and Tadpole Graph Using m-shadow Operation. Contemporary Mathematics, 827–843. https://doi.org/10.37256/cm.5120242624

  • Adawiyah, R., Dafik, Agustin, I. H., Prihandini, R. M., Alfarisi, R., & Albirri, E. R. (2020). On the local multiset dimension of graph with homogenous pendant edges. Journal of Physics: Conference Series, 1538(1), 012023. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1538/1/012023

  • Asy’ari, M. L., Dafik, Agustin, I. H., Nisviasari, R., & Adawiyah, R. (2022). On graceful chromatic number of some graphs. Journal of Physics: Conference Series, 2157(1), 012013. https://doi.org/10.1088/1742-6596/2157/1/012013

  • A’yun, Q., Dafik, Adawiyah, R., Agustin, I. H., & Albirri, E. R. (2021). On the irregular coloring of bipartite graph and tree graph families. Journal of Physics: Conference Series, 1836(1), 012024. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1836/1/012024

Translate »