KODE |
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN
(CPL) |
INDIKATOR |
PENGETAHUAN |
P1a |
Menganalisa objek matematika sebagai dasar berpikir matematis |
Menganalisa hakekat matematika dan komponen – komponen yang membangun konsep
matematika. |
P1b |
Menganalisa dasar – dasar berpikir matematis melalui kajian konsep
matematika. |
P2a |
Merumuskan hasil pemecahan masalah matematika dan pembelajarannya.
|
Menganalisa konsep matematika yang diperlukan untuk pemecahan masalah. |
P2b |
Menganalisa konsep matematika yang diperlukan untuk melaksanakan
pembelajaran di satuan pendidikan dasar dan menengah, serta untuk studi lanjut. |
P3a |
Menganalisa konsep matematika, teori belajar, teori mengajar, karakteristik
peserta didik, dan asesmen untuk melaksanakan pembelajaran matematika dan
penelitian di bidang matematika dan pembelajarannya.
|
Mendeskripsikan konsep teoritis pendidikan dan perkembangan peserta didik yang
diperlukan untuk melaksanakan pembelajaran di satuan pendidikan dasar dan
menengah. |
P3b |
Menganalisa konsep teoritis pembelajaran matematika secara mendalam,
khususnya strategi proses pembelajaran matematika. |
P3c |
Menganalisa konsep, prinsip, pedagogik, dalam pengembangan materi dan media
pembelajaran serta penelitian pendidikan matematika. |
KETERAMPILAN KHUSUS |
KKa |
Mendesain pembelajaran matematika dengan menggunakan teknologi informasi
dan komunikasi yang berorientasi kecakapan hidup (thinking skill, social
skill, academic skill, vocational skill).
|
Merencanakan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi pembelajaran matematika secara
inovatif dengan mengaplikasikan konsep pedagogik-didaktik matematika dan
keilmuan matematika serta memanfaatkan berbagai sumber belajar dan IPTEKS
yang berorientasi pada kecakapan hidup. |
KKb |
Mengkaji dan menerapkan berbagai metode pembelajaran matematika yang
telah tersedia secara inovatif dan teruji. |
KKc |
Merancang dan melaksanakan penelitian untuk menghasilkan alternatif
penyelesaian masalah di bidang pendidikan matematika berdasarkan kelompok riset serta mempublikasikan hasilnya. |
KETRAMPILAN UMUM |
KU1a |
Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif, dengan
menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam konteks pengembangan
atau implementasi IPTEKS.
|
Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks
pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang
memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. |
KU1b |
Menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. |
KU2a |
Mengimplementasikan dan mempublikasikan hasil kajian IPTEKS
untuk menyelesaikan masalah matematika dan pembelajarannya.
|
Mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan
teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan
keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka
menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. |
KU2b |
Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk
skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. |
KU2c |
Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian
masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. |
KU2d |
Mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali
data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
KU2e |
Menjadi tim peneliti yang melakukan riset dengan luaran yang terpublikasikan,
mendapatkan paten atau HKI lain. |
KU3a |
Mengkontribusikan hasil kerja kelompok dengan penuh
tanggungjawab.
|
Bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan
melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang
ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya. |
KU3b |
Melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah
tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri. |
KU4a |
Mengembangkan jiwa kewirausahaan berbasis IPTEKS yang berwawasan
lingkungan melalui pengembangan jaringan kerjasama.
|
Memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan
pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya. |
KU4b |
Memiliki jiwa kewirausahaan yang berbasis ilmu pengetahuan teknologi dan
atau seni, berwawasan lingkungan, bisnis dan pertanian industrial. |
SIKAP |
S1a |
Menunjukkan Karakter yang sesuai dengan perwujudan pengamalan Pancasila
|
Menunjukkan sikap bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan
sikap religius. |
S1b |
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan
agama, moral, dan etika. |
S1c |
Menunjukkan karakter religius nasionalis yang kuat sebagai wujud pengamalan butir-butir
Pancasila. |
S2a |
Menghargai pendapat atau temuan orisinal orang lain, serta
keanekaragaman budaya untuk meningkatkan kualitas hidup.
|
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa,
bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. |
S2b |
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta
pendapat atau temuan orisinal orang lain. |
S3a |
Menunjukkan sikap nasionalisme, bekerjasama dan kepekaan sosial terhadap
masyarakat dan lingkungan.
|
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki
nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa. |
S3b |
Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap
masyarakat dan lingkungan. |
S4a |
Menunjukkan sikap nasionalisme, bekerjasama dan kepekaan
sosial terhadap masyarakat dan lingkungan
|
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki
nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa. |
S4b |
Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap
masyarakat dan lingkungan. |
S5a |
Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan
kewirausahaan, dengan taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat
dan bernegara.
|
Menunjukkan sikap taat hukum dan disiplin dalam kehidupan
bermasyarakat dan bernegara. |
S5b |
Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan
kewirausahaan. |