Capaian Pembelajaran Lulusan

KODE CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL) INDIKATOR
PENGETAHUAN
P1a Menganalisa objek matematika sebagai dasar berpikir matematis Menganalisa hakekat matematika dan komponen – komponen yang membangun konsep matematika.
P1b Menganalisa dasar – dasar berpikir matematis melalui kajian konsep matematika.
P2a Merumuskan hasil pemecahan masalah matematika dan pembelajarannya.   Menganalisa konsep matematika yang diperlukan untuk pemecahan masalah.
P2b Menganalisa konsep matematika yang diperlukan untuk melaksanakan pembelajaran di satuan pendidikan dasar dan menengah, serta untuk studi lanjut.
P3a Menganalisa konsep matematika, teori belajar, teori mengajar, karakteristik peserta didik, dan asesmen untuk melaksanakan pembelajaran matematika dan penelitian di bidang matematika dan pembelajarannya.     Mendeskripsikan konsep teoritis pendidikan dan perkembangan peserta didik yang diperlukan untuk melaksanakan pembelajaran di satuan pendidikan dasar dan menengah.
P3b Menganalisa konsep teoritis pembelajaran matematika secara mendalam, khususnya strategi proses pembelajaran matematika.
P3c Menganalisa konsep, prinsip, pedagogik, dalam pengembangan materi dan media pembelajaran serta penelitian pendidikan matematika.
KETERAMPILAN KHUSUS
KKa Mendesain pembelajaran matematika dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi yang berorientasi kecakapan hidup (thinking skill, social skill, academic skill, vocational skill).     Merencanakan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi pembelajaran matematika secara inovatif dengan mengaplikasikan konsep pedagogik-didaktik matematika dan keilmuan matematika serta memanfaatkan berbagai sumber belajar dan IPTEKS yang berorientasi pada kecakapan hidup.
KKb Mengkaji dan menerapkan berbagai metode pembelajaran matematika yang telah tersedia secara inovatif dan teruji.
KKc Merancang dan melaksanakan penelitian untuk menghasilkan alternatif penyelesaian masalah di bidang pendidikan matematika berdasarkan kelompok riset serta mempublikasikan hasilnya.
KETRAMPILAN UMUM
KU1a Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif, dengan menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam konteks pengembangan atau implementasi IPTEKS.   Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
KU1b Menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
KU2a Mengimplementasikan dan mempublikasikan hasil kajian IPTEKS untuk menyelesaikan masalah matematika dan pembelajarannya.         Mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
KU2b Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
KU2c Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
KU2d Mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
KU2e Menjadi tim peneliti yang melakukan riset dengan luaran yang terpublikasikan, mendapatkan paten atau HKI lain.
KU3a Mengkontribusikan hasil kerja kelompok dengan penuh tanggungjawab.   Bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.
KU3b Melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
KU4a Mengembangkan jiwa kewirausahaan berbasis IPTEKS yang berwawasan lingkungan  melalui pengembangan jaringan kerjasama.   Memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
KU4b Memiliki jiwa kewirausahaan yang berbasis ilmu pengetahuan teknologi dan atau seni, berwawasan lingkungan, bisnis dan pertanian industrial.
SIKAP
S1a Menunjukkan Karakter yang sesuai dengan perwujudan pengamalan Pancasila     Menunjukkan sikap bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
S1b Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
S1c Menunjukkan karakter religius nasionalis yang kuat sebagai wujud pengamalan butir-butir Pancasila.
S2a Menghargai pendapat  atau temuan orisinal orang lain, serta keanekaragaman budaya untuk meningkatkan kualitas hidup.   Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
S2b Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
S3a Menunjukkan sikap nasionalisme, bekerjasama dan kepekaan sosial terhadap masyarakat dan lingkungan.   Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
S3b Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
S4a Menunjukkan sikap nasionalisme, bekerjasama dan kepekaan sosial terhadap masyarakat dan lingkungan   Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
S4b Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
S5a Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan, dengan taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.   Menunjukkan sikap  taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
S5b Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
Translate »