Matematika Analisis dan Model Pembelajarannya

 

Dra. Dinawati Trapsilasiwi, M.Pd.
Koordinator



Randi Pratama Murtikusuma, S.Pd, M.Pd.
Anggota



Dhanar Dwi Hary Jatmiko, S.Pd, M.Pd.
Anggota



Ervin Oktavianingtyas, S.Pd, M.Pd.
Anggota



Inge Wiliandani Setya Putri, S.Pd, M.Pd.
Anggota




DEFINISI

Keris-Dimas Manabel adalah kelompok riset dan pengabdian kepada masyarakat yang berada di bawah naungan Program Studi S1 Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Jember. Aktifitas KerisDimas Manabel berfokus pada kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berkaitan dengan tema (1) berpikir tingkat tinggi pada pemecahan masalah matematika analisis; (2) Pengembangan perangkat pembelajaran matematika analisis; (3) literasi pada matematika analisis; (4) Peningkatan profesionalisme guru pada pembelajaran
yang berkaitan dengan matematika analisis.

VISI

Menjadi Keris-Dimas yang unggul, inovatif, dan produktif dalam kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat pada tema matematika analisis dan model pembelajarannya di sekolah maupun perguruan tinggi.

MISI

  • Menyelenggarakan kegiatan penelitian dan mendesiminasikan hasil penelitian melalui publikasi nasional dan internasional pada tema matematika analisis dan model pembelajarannya di sekolah atau perguruan tinggi.
  • Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berkaitan dengan model pembelajaran, asesmen pembelajaran, dan pengembangan profesionalisme guru pada pembelajaran matematika yang berkaitan dengan matematika analisis.
  • Mengembangkan kerja sama dengan sekolah atau perguruan tinggi yang mendukung kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan tema matematika analisis dan model
    pembelajarannya.

TUJUAN

Untuk mencapat misi yang telah ditetapkan maka diharapkan KerisDimas Manabel akan memiliki tujuan yaitu (1) Melakukan kajian mendalam berkaitan dengan berpikir tingkat tinggi siswa dalam penyelesaian permasalahan matematika analisis; (2) melakukan pengembangan perangkat pembelajaran matematika analisis; (3) melakukan pengembangan perangkat yang mendukung literasi terhadap matematika analisis; (4) melakukan peningkatan profesionalisme guru pada pengembangan perangkat pembelajaran matematika analisis; (5) mempublikasikan artikel ilmiah dan buku tentang kajian berpikir tingkat tinggi siswa, pengembangan model pembelajaran matematika analisis, pengembangan perangkat pendukung literasi matematika analisis, dan peningkatan profesionalisme guru dalam pengembangan perangkat pembelajaran matematika analisis.

ROADMAP

PUBLIKASI

  • Rachmawati, F. K., Lestari, N. D. S., Oktavianingtyas, E., Trapsilasiwi, D., & Murtikusuma, R. P. (2024). Profil Literasi Numerasi Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal AKM Konten Aljabar Berdasarkan Kemampuan Matematika. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)12(2), 294-309. http://doi.org/10.25273/jipm.v12i2.18983
  • Maulidiyah, R., Lestari, N. D. S., Oktavianingtyas, E., & Trapsilasiwi, D. (2024). Critical Thinking Ability of Vocational Students in Solving Systems of Equations With Three Variables Story Problems: A Review Based on Learning Style. Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM)7(2), 140-150. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v7n2.p140-150
  • Trapsilasiwi, D., Jatmiko, D. D. H., Pambudi, D. S., Ambarwati, R., & Alim, F. (2023). An Analysis of Students’ Critical Thinking Ability in Solving Jumping Task Questions based on Learning Style. (JIML) JOURNAL OF INNOVATIVE MATHEMATICS LEARNING6(4), 319-327. https://doi.org/10.22460/jiml.v6i4.21727
  • Kurniati, D., Umami, A. N., Murtikusuma, R. P., Setiawan, T. B., & Jatmiko, D. D. H. (2023). Berpikir Kritis Siswa Berkepribadian Sensing, Intuition, Thinking dan Feeling dalam Menyelesaikan Masalah dengan Informasi Kontradiksi. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT)9(1), 1-14. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v9i1.7341
  • Jatmiko, D. D. H., Sunardi, S., Susanto, S., & Suwito, A. (2023). The Development of Geometric Rows and Sequences Problem-Based Learning with Liveworksheet Media. (JIML) JOURNAL OF INNOVATIVE MATHEMATICS LEARNING6(4), 308-318. https://doi.org/10.22460/jiml.v6i4.21658
  • Mubarokah, H. R., Pambudi, D. S., Lestari, N. D. S., Kurniati, D., & Jatmiko, D. D. H. (2023). Kemampuan Berpikir Komputasi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Numerasi Tipe AKM Materi Pola Bilangan. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika)7(2), 343-355. http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v7i2.8013
  • Jatmiko, D. D., Andriana, L., Pambudi, D. S., Trapsilasiwi, D., & Hussen, S. (2023). Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam Pemecahan Masalah Open-Ended Berdasarkan Teori Wallas Ditinjau dari Adversity Quotient. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika7(1), 340-349. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1993
  • Pribadi, M. H. P., Lestari, N. D. S., Oktavianingtyas, E., Kurniati, D., & Monalisa, L. A. (2023). Literasi Matematis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal PISA Ditinjau dari Adversity Quotient. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika7(3), 2530-2542. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2232
Translate »