Meningkatkan Kompetensi dan Keterampilan Guru melalui PRODIPMA (Program Diklat Pendidikan Maju)
Program Diklat Pendidikan Maju merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan guru dalam bidang pendidikan. Melalui pelatihan dasar ini, guru akan mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang metode pengajaran terkini, penerapan teknologi dalam pembelajaran, dan peningkatan keterampilan interpersonal. Kegiatan ini akan melibatkan sesi pelatihan intensif dengan narasumber ahli dengan pembahasan pendidikan maju yang berfokus pada inovasi dalam penggunaan teknologi, dan pembelajaran yang adaptif guna memfasilitasi akses pendidikan yang lebih luas dan inklusif.
Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 5-8 Agustus 2024 yang diisi oleh Dr. Nonik Indrawatingingsih, M.Pd., beliau adalah tenaga pendidik di Pendidikan Matematika Universitas Negeri Surabaya. Tema yang diangkat pada acara ini yakni “Merdeka Digital: Mengukir Masa Depan dengan Modul Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Generasi Internet.”
Pada hari pertama, peserta diajak untuk menyusun Modul Ajar Berbasis Diferensiasi, dengan topik utama meliputi Diferensiasi Pembelajaran, Asesmen Diagnostik, dan Penerapan Modul Ajar Diferensiasi. Dr. Nonik menjelaskan pentingnya penggunaan prinsip CeKJaM (Cocokkan, Koneksikan, Jembatan, dan Memotivasi) untuk meningkatkan minat belajar murid. Dengan prinsip ini, siswa dapat lebih terlibat aktif sesuai dengan minat yang dimiliki.
Kegiatan hari kedua yakni materi mengenai Strategi Mendiferensiasi Pembelajaran terdapat beberapa bagian materi diantaranya materi pengetahuan konsep, membedakan proses yang harus dijalani oleh murid, dan bukti yang menunjukkan murid telah paham dengan pembelajaran. Ibu Nonik juga menyampaikan sedikit tips memodifikasi perencanaan pembelajaran di kurikulum merdeka ini.
Kegiatan PRODIPMA ini mendapatkan respons positif dari para peserta yang antusias mengikuti seluruh rangkaian pelatihan. Diharapkan, melalui program ini, para guru dapat mengaplikasikan ilmu dan keterampilan yang diperoleh untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah masing-masing, serta mempersiapkan generasi penerus yang siap menghadapi tantangan era digital.