Mempererat Hubungan Antara Mahasiswa dan Dosen melalui Open Talk 2025
Pada Minggu, 13 April 2025, di Ruang kuliah 35E 101 dan 35E 102 Gedung III FKIP Universitas Jember dan Video Conference Zoom. Mathematics Students Club mengadakan acara Open Talk. Acara ini melibatkan mahasiswa serta dosen Pendidikan Matematika. Open Talk merupakan kegiatan tahunan yang bertujuan untuk mempererat hubungan antara mahasiswa dan dosen, serta memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menyampaikan pendapat secara terbuka, mendapatkan informasi dan motivasi belajar, serta meningkatkan kinerja akademik mereka.
Acara ini berlangsung mulai pukul 07.30 hingga 13.00 WIB. Acara dimulai dengan pembacaan tilawah, dilanjutkan dengan sambutan dari ketua panitia, ketua umum, dan Koordinator Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Jember, ibu Dr. Nucholif Diah Sri Lestari, S.Pd., M.Pd. sebagai pembukaan resmi acara ini. Mahasiswa bertanya secara langsung melalui Conference Zoom dan kolom komentar zoom.
Pada sesi pertama, pertanyaan pertama mahasiswa bertanya mengenai apakah Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Jember akan membuat video pembelajaran mata kuliah di kelas untuk tambahan referensi mahasiswa dalam materi yang dipelajari dan memudahkan mahasiswa dalam mempersiapkan bahan materi untuk presentasi ataupun ujian. Dosen menjelaskan bahwasannya karena referensi dan rujukan mata kuliah murni sebagian berbahasa inggris oleh karena itu hati-hati dalam mencari referensi di YouTube. Prodi Pendidikan Matematika Universitas Jember belum bisa menyediakan program video pembelajaran mata kuliah. Namun, mahasiswa dapat membuat video pembelajaran mata kuliah sendiri dengan cara izin merekam pembelajaraan kepada dosen yang sedang mengajar.
Pertanyaan kedua mahasiswa bertanya mengenai permasalahan mahasiswa yang menghadapi tantangan dalam membagi waktu antara kuliah, kegiatan organisasi dan kehidupan pribadi. Dosen memberikan saran bahwasannya mahasiswa harus memilih skala prioritas yang paling utama seperti tujuan utama yaitu kuliah. Lalu untuk mengembangkan skill seperti public speaking dan lain-lain bisa didapat melalui organisasi kampus, maka organisasi kampus berada di skala prioritas kedua. Mahasiswa disarankan membuat catatan jadwal yang berisi kegiatan yang akan dikerjakan terlebih dahulu, catat deadline tugas dan juga tugas dalam organisasi. Dan yang terakhir adalah jangan sering menunda pekerjaan yang ada serta jangan lupa istirahat dan evaluasi diri sendiri.
Pertanyaan ketiga mahasiswa menanyakan apakah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika memiliki peluang untuk memiliki karir di bidang lain seperti data analisis. Dosen memberi tanggapan dengan banyaknya lulusan Program Studi Pendidikan Matematika yang menjadi asisten di sebuah penelitian, yang salah satunya data analis namun ditambah dengan kompetensi lainnya.
Selesai dengan sesi tanya jawab pertama, panitia menyediakan acara hiburan di sela menuju sesi tanya jawab kedua. Kresnamusika menampilkan sebuah lagu untuk menghibur semua orang. Lagu yang terpilih ialah lagu “Aku Pasti Bisa” dan “Sesuatu Di Jogja”. Dua orang bernyanyi dan satu orang memainkan gitar sebagai iringan musik agar lagu menjadi lebih harmoni.
Melanjutkan acara, pada sesi kedua mahasiswa bertanya tentang peran apa yang diambil oleh mahasiswa dalam proses peningkatan akreditasi program studi. Dari penjelasan dosen, banyak peran mahasiswa dalam proses peningkatan prodi salah satunya adalah prestasi dari mahasiswa yang berada di program studi tersebut. Lalu ada sertifikasi dari manapun yang didapat mahasiswa. Adapun keaktifan mahasiswa dalam pembelajaran mata kuliah, IPK mahasiswa juga sangat menunjang proses peningkatan akreditasi program studi.
Pertanyaan kedua salah satu mahasiswa bertanya apa upaya yang sebaiknya dilakukan mahasiswa untuk membangun jaringan profesional sebagai bekal mengkadapi dunia kerja. Dosen menyatakan bahwa hal yang mendasar adalah mengikuti organisasi, dapat membangun relasi dengan teman seprodi, relasi dengan sponsor dalam program kerja yang dijalani, setelah itu dapat menjalin hubungan eksternal dengan komunikasi yang baik didasarkan public speaking.
Pertanyaan ketiga ada mahasiswa yang bertanya tentang syarat yang diperlukan untuk seminar proposal dan sidang skripsi dalam segi administrasi ataupun akademik. Dosen memaparkan sebelum proses seminar proposal, pada semester 6 mahasiswa dituntut mengikuti mata kuliah untuk persiapan skripsi, pertengahan semester 6 diadakan koreksi data terkait draft penelitian yang setelahnya dari pihak pembimbing akan membagi dosen pembimbing untuk setiap mahasiswa yang mana mahasiswa akan bisa mulai bimbingan di semester 6 akhir dan skripsi akan diambil pada semester 7. Secara administrasi mahasiswa harus memenuhi SKS yang diperlukan untuk menempuh skripsi.
Selesai tanya jawab sesi kedua, acarapun ditutup dengan doa. Diharapkan melalui Open Talk ini, mahasiswa dapat memperoleh informasi yang bermanfaat, semakin termotivasi, dan tentunya semakin mempererat hubungan dengan dosen Pendidikan Matematika.