Membangun Kesadaran, Etika, dan Kepemimpinan Mahasiswa melalui Istighasah Bersama (ISMA)

Acara Istighasah Bersama atau biasanya disebut ISMA dilaksanakan pada hari Minggu, 25 Agustus 2024. Acara ini bertemakan “Generasi Muda Islami: Membangun Kesadaran, Etika, dan Kepemimpinan Mahasiswa” dan dilaksanakan secara  full offline di Ruang Auditorium Gedung H Lantai 3 Gedung III FKIP Universitas Jember. Pada acara ini, setiap Angkatan mulai dari Angkatan 2021, 2022, 2023, dan mahasiswa baru yakni Angkatan 2024, serta dari angkatan Kampus Bondowoso mengirimkan delegasinya juga. Pada acara ini menampilkan Hadrah yang dimainkan oleh Angkatan 2022 dan 2023, tilawah dan sari tilawah dari Angkatan 2023, pembacaan yasin dan istighasah dari Angkatan 2023, sambutan-sambutan, hingga tanya jawab.

Acara ini dimulai pukul 08.00 dengan semua peserta melakukan presensi manual. Untuk para peserta perempuan ditempatkan di sebelah kiri dan peserta laki-laki ditempatkan disebelah kanan. Pada saat peserta masuk, peserta disambut dengan acara Hadrah. Kemudian Izzatur Rohmaniah selaku MC di acara ISMA memulai acara. Pada awal acara semua peserta yang hadir di tempat diperkenankan untuk melaksanakan salat duha berjamaah dan peserta diberitahu untuk mengambil wudu sebelum berangkat, acara salat duha berlangsung khidmat. Ahmad Farhan Muhaimin Hilmy sebagai imam salat duha tersebut.

Kemudian dilanjut tilawah yang dibaca oleh Hanum Nur Faricha dengan sari tilawah yang dibaca oleh Zulfani Her Junaidi. Acara selanjutnya yaitu sambutan-sambutan yang dilakukan oleh Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Mathematics Students Club (MSC) Alfarabi Putra Ramadhan Wijaya.

Selanjutnya ialah acara inti yakni pembacaan yasinan istighasah yang dibacakan oleh Sabilil Muttaqin. Kemudian dilanjutkan tausiah yang disampaikan Uways Alqorni, beliau menyampaikan tentang adab, hablum minallah dan hablum minannas. Makanan ringan dan air gelasan disuguhkan pada pertengahan acara. Lalu dilanjutkan sesi tanya jawab. Acara selanjutnya ialah penutup yang disampaikan oleh Izzatur Rohmaniah selaku MC ISMA dan doa yang dibaca oleh Ahmad Farhan Muhaimin Hilmy.

Pada acara akhir ISMA dilakukan mushofahah atau berjabat tangan dimana peserta laki-laki bersalaman dengan peserta laki-laki lainnya dan peserta perempuan bersalaman dengan peserta perempuan.

Penyelenggaraan acara ISMA bertujuan untuk membangun mahasiswa yang memiliki kesadaran, etika, dan kepemimpinan. Selain itu, mahasiswa juga dapat mendekatkan dirinya kepada Allah SWT supaya senantiasa diberi keselamatan dan dipermudah segala urusannya dalam situasi saat ini. Acara ISMA ini diharapkan dapat mempererat tali silahturahmi antarwarga Pendidikan Matematika Universitas Jember. Semoga dengan Acara ISMA ini dapat menumbuhkan ukhuwah islamiyahahasiswa Pendidikan Matematika dan acara ini akan semakin baik untuk ke depannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »