PKTI (Pelatihan Karya Tulis Ilmiah) 2020

Pada hari minggu, 1 november 2020 terdapat acara di lingkungan Universitas Jember, khusunya dari program studi Pendidikan matematika. Acara ini diselenggarakan oleh MSC (Mathematics Student Club). Karena acara ini terjadi di tengah pandemic Covid-19 maka acara tersebut diselenggarakan secara  Virtual atau Online dengan aplikasi Zoom. Acara tersebut adalah PKTI (Pelatihan Karya Tulis Ilmiah) yang dipelopori oleh Bidang 4 dari departemen Penelitian dan Pengembangan.

acara PKTI tersebut berguna sebagai penunjang mahasiswa dalam pengembangan ide kreatif dan tata cara penulisan karya ilmiah.  “Milenial Kreatif Menulis karya Inovatif Wujudkan Mahasiswa Produktif Guna Menyongsong Masa New Normal” adalah trema dari acara tersebut. Acara tersebut dibawakan oleh Lailatul Fadila selaku MC serta sang narasumber adalah Prof. Drs. Slamin, M.Comp.Sc., Ph.D

acara tersebut dimulai oleh sambutan dari saudari Chintia Rani Pradini, kemudian sambutan oleh ketua umum MSC, yakni saudara Arif Wicaksono, dan di lanjut dengan sambutan dari Kaprodi Pendidikan matematika, yakni Susi Setiawani, S.Si., M.Sc.

pada bagian penyajian materi terdapat beberapa bagian, yakni pendahuluan, penulisan karya ilmiah, bagaimana mengembangkan ide, dan penutup.

Pengertian dari KTI adalah karya tulis yang diakui oleh IPTEKS, dikerjakan dengan tata cara ilmiah, dan mengikuti pedoman/aturan/konvensi ilmiah yang telah disepakati atau ditetpakan. Beberapa jenis karya ilmiah antara lain adalah Disertasi, Skripsi atau Tugas Akhir, Laporan Penelitian, dan Tesis, serta Artikel atau Makalah Ilmiah. Manfaat dari karya ilmiah diantara lain ialah memperoleh pengakuan professional dari kalangan akademik, memperdalam penguasan pada bidang ilmu, memperlancar peningkatan karir akademik atau jabatan fungsionalnya, dan berpartisipasi dalam penyebaran dan pengembangan ilmu serta menjadi salah satu syarat untuk menyelesaikan studi.

Nah, pada struktur karya ilmiah terdiri dari

  1. Bagian depan, yang bersisikan judul, penulis atau Lembaga, abstrak, dan kata kunci
  2. Bagian utama, yang bersisikan pendahuluan, metode, hasil, pembahasan, dan simpulan
  3. Bagian akhir, yang berisikan ucapan terima kasih, refrensi, dan lampiran

Untuk kalian yang ingin menulis karya ilmiah, perhatikan judul yang ingin kalian tentukan. Pilih judul yang memikat dan menarik perhtaian para pembaca,singkat dan lugas (terdiri 7-10 kata), informatif, lalu hindari struktur kalimat yang rumit serta kata yang mubazir atau terlalu banyak kata.

Kemudian pada bagian penulis dan afiliasi, penulsi menggunkaan nama lengkap, jangan menuliskan gelar, afiliasi terdiri dari nama universitas, kota, negara, dan alamat e-mail serta berilah Coreresponding Author jika diperlukan.

Pada bagian abstrak setidaknya mengandung latar belakang, tujuan, metode, penemuan dan simpulan. Pada bagian struktur pendahuluan terdiri dari parafraf awal, tengah dan akhir. Kemudian pada bagian metode, jelaskan pengaturan eksperimennya, Teknik yang digunakan, sediakan juga rincian yang diperlukan, gunakan bentuk Past Tense jika menggunakan Bahasa Inggris, serta gunakan format yang benar dan berlaku global (satuan,variable,dll)

Untuk bagian hasil, sajikan rangkuman hasil dalam bentuk grafik dan angka dan berikan bukti kuantitatif (uji statistika). Pada penulisan karya ilmiah, jangan lupa mencantumkan  nama penyandang dana (sponsor) yang berkontribusi terhadap pembuatan artikel, jangan lupa ucapan terima kasih kepada orang yang berkontribusi pada penulisan artikel milik anda.

Tak lupa pula, pada penulisan karya ilmiah pilihlah refrensi-refrensi yang kredibel atau sudah daikui oleh para civitas akademika atau peniliti yang lain, buku, Google Schoolar, Science Direct, Scopus, dan Sinta. Kemudian pada penulisan daftar Pustaka terdapat aplikasi untuk mempermudah penulisan, diantaranya Mendeley, RefWorks, EndNote, Bibtex, dll.

Pada penghujung acara terdapat diskusi tanya jawab dan juga pemilihan judul-judul terbaik dari para pesrta seminar, nominasi yang terpilih adalah

  1. Kelompok 4 (Edumath sebagai inovasi pembelajaran matematika masa kini)
  2. Kelompok 19 (Analisis Platform media sosial dalam meningkatkan kemandirian pembelajaran dan kegiatan mahasiswa di era pandemic)
  3. Kelompok 17 (PANDATIKA (Papan Cerdas Interaktif Matematika) inovasi media pembelajaran anak di rumah sebagai upaya ketertarikan anak untuk belajar matematika)
  4. Kelompok 24 (pemanfaatan ekstrak kulit manga sebagai bahan dasar masker organic)
  5. Kelompok 26 (pemanfaatan lidah buaya dan tepung beras sebagai bahan dasar masker organic)

Dan ternyata pemenangnya adalah kelompok 17 dengan judul PANDATIKA (Papan Cerdas Interaktif Matematika) inovasi media pembelajaran anak di rumah sebagai upaya ketertarikan anak untuk belajar matematika.

Kemudian acara tersebut mendatangkan sesi hiburan dari KRESNAMUSIKA serta tak lupa acara ditutup dengan doa.

Nah begitulah acar PKTI yang diadakan oleh MSC untuk para peserta yang dikhususkan oleh para mahasiswa baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »